ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI MEDIATOR
Abstract
Kebiasaan berbelanja masyarakat telah berubah dalam lingkungan bisnis saat ini, banyak orang melakukan pembelian impulsif karena ketertarikannya terhadap suatu merek atau produk yang sedang tren pada saat itu. Akibat tren tersebut, masyarakat kini memandang belanja sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi, masyarakat menjadi lebih konsumtif dan menjadikan belanja sebagai gaya hidup. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif. Data populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 230 responden pengguna e-commerce di Kota Jakarta Selatan. Melalui metode penelitian kuantitatif, data diuji hipotesis dengan mengolahnya dengan analisis model persamaan struktural berbasis PLS. Hasil penelitian menunjukkan pembelian impulsif dipengaruhi oleh variabel emosi positif dan diskon harga. Sedangkan pembelian impulsif tidak dipengaruhi oleh variabel keterlibatan fashion, gaya hidup berbelanja, motivasi belanja hedonis, dan promosi penjualan. Namun emosi positif sebagai mediator berperan mampu memediasi seluruh variabel terhadap Impulsive Buying. Implikasi dari hasil tersebut dapat diterapkan pada praktisi dalam mengadopsi strategi pemasaran untuk membangkitkan emosi positif konsumen yang mengarah pada pembelian impulsif
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL WIDYA PERSADA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.